Hebat! Dorce Paremisa Kepsek yang Rela Masuk Hutan demi Cerdaskan Anak Bangsa

admin
Sabtu, 06 Juli 2019 | 13:40 Wita | 246 View

Dorce Paremisa

Weekendsulsel.com, Toraja Utara – Pengabdian Dorce Paremisa SPd tak bisa dianggap sepele. Meski hanya seorang ibu, ternyata cukup berperan besar dalam membantu mencerdaskan anak bangsa. Sekolah Dasar Negeri 6 Rantebua Lembang Sanggalangi Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara menjadi saksi perjuangannya.

Meski terpencil, Dorce yang juga menjabat sebagai kepala sekolah rela menyusur hutan demi mensukseskan wajib belajar di‎ wilayah itu. Diketahui akses yang dilalui cukup sulit dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Tak hanya itu, jarak ke sekolah tersebut juga lumayan jauh, sekitar 10 kilometer dari jalan utama. Kondisi tersebut telah dirasakan Dorce selama bertahun-tahun lamanya. Dengan berjalan kaki jika dihitung pulang-pergi, jarak tempuh dapat mencapai 20 kilometer.

Saat ditemui, Dorce Paremisa mengaku sudah biasa dengan hal itu.‎ Mungkin, sudah menjadi rutinitas harian sehingga melewati lembah-lembah curam sudah dianggap biasa.‎


Sebenarnya Bu Dorce punya kendaraan bermotor, namun ia enggan menggunakan lantaran akses jalan yang kurang memungkinkan, “Mau pakai motor juga ya gimana. Akses jalannya tidak memungkinkan. Karena harus melewati hutan. Makanya, sampai saat ini kebiasaan itu masih saya jalankan. Ya, itung-itung olahraga,” ujarnya kepada reporter wekeendsulsel.com (3/7/2019).‎

Baca Juga : Simpin Bangri berharap jalan penghubung dende dengan paku segera diperbaiki

“Saya ikhlas menjalani ini agar anak-anak di kampung itu bisa sekolah,” ujar dia sambil terlihat sedih. Tak hanya jalan, fasilitas pendidikan di sekolah tersebut juga sangat minim, namun hal ini tak menyurutkan niatnya memberikan pendidikan.‎ Yang terpenting baginya, anak-anak dapat mendapatkan pendidikan yang layak dan tak ada lagi yang putus sekolah.

Reporter: Caverius Adi