Silas Tawang : Saatnya Pemuda Menjadi Pelopor Pembangunan Desa

Stepanus Patanda
Minggu, 21 Juli 2019 | 06:23 Wita | 641 View


Weekendsulsel.com — Pemuda adalah sumber energi atau kekuatan bagi terbangunnya sebuah peradaban Lembang sebutan untuk Desa di Toraja. Perannya sangat dibutuhkan guna melejitkan dinamika kehidupan lembang. Sebab pemuda memiliki tenaga dan energi yang masih segar, sumbangsih ide dan pemikiran pemuda juga dianggap mampu menciptakan inovasi dalam membangun lembang.

Langkah awal mewujudkan hal tersebut ialah membentuk sebuah organisasi pemuda lembang karena dengan organisasi pemuda akan memiliki sarana dalam memperjuangkan program – program pembangunan Lembang.

Atas dasar itulah salah satu organisasi sosial yang mewadahi pemuda Pelesan di Lembang Palesan dalam membantu pembangunan lembang palesan itu sendiri. Silas Tawang perintis terbentuknya organisasi Pemuda palesan mengatakan “Pemuda harus menjadi pelopor sekaligus motor penggerak dan berada di garda terdepan terhadap pembangunan di Lembang.”

“Saya mengajak seluruh pemuda dusun Sesesalu yang berada di Lembang Palesan agar terlibat baik itu dalam bentuk sumbangsih ide-ide inovatif maupun tenaga terhadap pembangunan Lembang ,” sambungnya, Sabtu(20/7/2019)


Dalam membangun sebuah Lembang tugas pemuda tidaklah gampang, karena permasalahan Lembang yang begitu banyak pemuda harus mampu menciptakan Inovasi yang tepat agar semangat perubahan dalam membangun Lembang tidak berbenturan dengan budaya dan adat istiadat Lembang, bukan tak mungkin permasalahan akan muncul dari para orang tua kita di Lembang yang mungkin adanya miss persepsi dengan cita-cita pemuda Lembang itu sendiri

“Harapan Silas, semoga organisasi pemuda dapat terbentuk di setiap Lembang yang ada di Toraja. Sebab untuk mewujudkan pemuda yang mandiri, pemuda harus memiliki wadah dan sarana untuk berkontribusi secara nyata terhadap pembangunan Lembang.”

Kelompok Pemuda palesan sebagai wadah kita di lembang palesan ini, lanjut Silas, sudah beberapa hari ini ikut berkontribusi langsung pada program pembangunan lembang yang seperti kita lihat sekarang ini pengangkutan material jalan ke se’pon kandang batu.

Pengangkutan material jalan ke se’pon kandang batu.

Lembang yang maju adalah harapan semua masyarakat, maka pemuda adalah harapan sebuah kemajuan Lembang dan Bangsa pada umumnya. Saatnya Pemuda berbuat dan saling rangkul dengan semua elemen yang ada di Lembang.