Semangat Juang Kepala Sekolah demi Mencerdaskan Anak Bangsa

Stepanus Patanda
Kamis, 01 Agustus 2019 | 14:44 Wita | 426 View

Dorce Bo'ne, S.Pd Kepala Sekolah SDN 6 Rantebua

WeekendSulsel.com, Toraja Utara- Perjuangan dan kesabaran ekstra memang dibutuhkan para pendidik di pelosok tanah air. Mereka tahu, banyak anak-anak di sana butuh pendidikan. Seorang kepala sekolah di Toraja Utara , tiap hari menyusuri hutan demi mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Inilah sepenggal kisah perjuangan seorang wanita, Dorce Bo’ne S.Pd Kepala Sekolah Dasar Negeri 6 Rantebua, Lembang Sanggalangi, Kec Rantebua, Kab Toraja Utara. Tempat pengabdiannya tersebut merupakan kawasan pelosok Sulawesi Selatan yang juga termasuk kawasan yang maju di Indonesia.

Setiap hari, Dorce Bo’ne harus menempuh jarak sepanjang 15 km untuk pergi ke tempat pengabdiannya. Ia juga harus melewati jalan berliku dan menyusuri hutan demi mensukseskan wajib belajar di wilayah tersebut. Kondisi itu telah dilalui Dorce selama bertahun-tahun lamanya. Dengan berjalan kaki jika dihitung pulang-pergi, jarak tempuh dapat mencapai 30 kilometer.

Baca Juga : Kalem Maroson Adakan Peuresmian dan Syukuran Kantor Lembang Baru

Kontur perbukitan dan jarak yang jauh, wanita ini khawatir menggunakan kendaraan roda dua. Sebab medan yang sulit akses jalan yang terjal, ia lebih memilih berjalan kaki. “Saya sudah terbiasa dan menikmatinya. Ya, mungkin sudah menjadi rutinitas harian sehingga mendaki juga menuruni bukit sudah dianggap biasa, Rabu(31/7/19). Ungkapnya, saat ditemui reporter weekendsulsel.com


Mencerdaskan kehidupan bangsa memang tugas negara. Namun, kita pun memiliki tanggung jawab serupa. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Berbagi dan terus berupaya. Untuk masa depan anak-anak Indonesia yang lebih cemerlang.

Penulis: Albert Agus*


BACA JUGA