Pilkalem Limbong Sangpolo Rasa Pengantin

Stepanus Patanda
Jumat, 29 November 2019 | 15:04 Wita | 1418 View


Weekendsulsel.com,Tana Toraja – Pemilihan Kepala Lembang (Pilkalem) Limbong Sangpolo Kecamatan Kurra di Kabupaten Tana Toraja, yang digelar pada Jum’at (29/11/2019) menjadi perhatian, lantaran penyelenggaraannya yang unik.

Tidak seperti pada umumnya, Pilkalem kali ini dikemas layaknya gelaran pernikahan seperti sepasang pengantin baru di pelaminan ,Kedua calon memakai baju adat Toraja keduanya duduk di panggung dengan kursi pelaminan berdampingan sekaligus lengkap dengan dua pagar ayu yang ada di sampingnya. Setelah selesai memilih, masyarakat ke pelaminan untuk bersalaman dengan kedua calon seperti di acara pernikahan pada umumnya.

Salah satu warga memberikan bunga ucapan terima kasih

Mereka adalah pasangan suami istri Marthen Tangke Payung dan Paulina. Marthen nomor urut satu, sedangkan Paulina nomor urut dua, Sementara yang menjadi pagar ayu tak lain adalah anak dari kedua pasangan calon tersebut yaitu Ecci’ dan Enjel.

Kedua Calon kepala lembang turun dari mobil ala pengantin

para pemilih di Lembang tersebut, sangat antusias menggunakan hak pilihnya, bahkan warga setempat sempat rebutan untuk sekedar foto bareng dengan kedua calon kepala Lembang tersebut.


Masyarakat setempat sehari sebelumnya telah bergotong royong membuat pondok sebagai tempat pemungutan suara, “ini murni swadaya dari masyarakat sebagai ungkapan terimakasih kami kepada kepala Lembang dalam pembuatan pondok,pelaminan dan tenda ” ungkap Yohanis Anthon Kau’ salah satu warga setempat. (Red)


BACA JUGA