Ujian Semester, SMK Kristen Bittuang Gunakan Computer Base Test (CBT)

Stepanus Patanda
Kamis, 05 Desember 2019 | 12:25 Wita | 525 View


Weekendsulsel.com, Tana Toraja- pelaksanaan ujian semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 menjelang tahun ajaran baru 2020/2021 SMK Kristen Bittuang adakan ujian semester menggunakan Computer Base Test (CBT) dimulai sejak tanggal 2 desember kemarin hingga tanggal 10 desember mendatang.

Konsep computer based test atau akrab dengan sebutan CBT merupakan sistem ujian yang tidak lagi menggunakan kertas. Sistem yang biasa diterapkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional (Unas).

Kendati belum semua sekolah menerapkan sistem CBT skala Ujian Nasional, beberapa sekolah kini mulai menerapkan sistem CBT untuk setiap kegiatan ujian. Salah satunya yang tengah dilaksanakan SMK Kristen Bittuang. Sekolah tersebut memantapkan CBT untuk semua kegiatan ujian.

Tidaklah mudah bagi sekolah-sekolah bagian barat Tana Toraja mengadakan ujian semester berbasis online dikarenakan jaringan dan sarana pendukung masih kurang memadai. namun itu bukanlah kendala, Para pendidik di SMK Kristen Bittuang berimprovisasi meningkatkan daya saing pada peserta didiknya dalam menggunakan media seperti smart phone dan juga komputer. Kamis, (5/12/2019)


Suleman Rambi wakasek urusan kurikulum kepada weekendsulsel.com mengatakan, Tantangan yang dihadapi anak saat ini sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Oleh karena itu, dunia pendidikan, khususnya para siswa dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman,

“Kita harus siap menghadapi dunia era digital maka tentunya perlu pendidikan berbasis teknologi, kegiatan seperti ini tentunya kurikulum dengan visi misi mendikbud kita yang baru”.

“Walaupun kita di pelosok kita jangan kehabisan akal untuk mengembangkan pendidikan berbasis teknologi, kita harus menerobos era digitalisasi ini dengan cara menggunakan teknolgi yang ada untuk memudahkan pembelajaran.
Kegiatan ini tentu mengurangi banyak biaya terutama penggunaan kertas. Walaupun jaringan biasa kurang mendukung tpi kegiatan ini tetap harus kami lakukan. Tutur Jurgen Sampealang, sebagai pengawas ujian berbasis CBT SMK Kristen Bittuang.

Suasana siswa(i) Mengikuti ujian semester sistem CBT

Ujian berbasia CBT ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik agar menggunakan teknologi dalam hal pembelajaran.
“Kita mengajak mengajak para peserta didik untuk membiasakan menggunakan keberadaan teknologi untuk mencari ilmu karna zaman sekarang belajar itu ada di semua tempat dan bahkan setiap waktu”. Tutup Jurgen.

Penulis : Albert Agus

Editor : Step


BACA JUGA