Jelang Hari Valentine HMSM Akan Gelar Aksi Donor Darah

Stepanus Patanda
Selasa, 11 Februari 2020 | 20:10 Wita | 319 View


Weekendsulsel.com, Toraja- Donor darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Tujuan kemanusiaan inilah yang memotivasi para Mahasiswa yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Sangmadandanan (HMSM) yang mana akan mengadakan aksi donor darah sabtu, 15 februari 2020 mendatang yang akan dilaksanakan di pasar rattundu Lembang Madandan Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.

Pendaftaran untuk calon pendonor mulai dibuka tanggal 10-13 Februari 2020, bagi para calon pendonor yang ingin melakukan donor darah bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai pendonor silahkan hubungi :

Erga +62 822-7100-7302 (koord lem Langda)
Yitran +62 852-4275-3714 (koord lem Madandan)
Yadiel +62 823-4871-8467 (koord lem Marante)
Marinus +62 822-9289-7872 (Koord Lem Tonglo)
Ezhy’+62 812-4124-3872 (Koord Lem Tombang Langda).

Selain untuk mengumpulkan stok darah, pengadaan acara ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa solidaritas sosial di kalangan mahasiswa yang tergabung dalam wadah HMSM, “Ketika kita mendonorkan darah, kita tidak pernah tahu siapa yang akan menggunakannya. Disitulah letak solidaritas sosial, dimana kita peduli dan berkontribusi untuk seseorang tanpa mengenalnya terlebih dulu”. Kata Ketua Umum HMSM Marianus Tangke Padang

Menurut Marianus yang akrab disapah Jurdin, kegiatan ini bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan darah sehingga ia berharap dengan adanya kegiatan rutin seperti ini di setiap organisasi bisa membantu pasien di Rumah sakit yang membutuhkan darah tanpa harus keluar daerah untuk mencari darah selain itu juga mengajarkan kepada anggota bagaimana pentingnya kita berbagi, bersosial dan membantu sesama sekecil apapun kontribusi kita.”kegiatan ini kita harapkan dapat membantu sesama yang membutuhkan serta mengajak anggota HMSM sebagai kader bagaimana pentingnya memiliki jiwa sosial”, urainya.


Ia juga mengatakan bahwa dalam momen memperingti Hari kasih sayang kita wujudkan kasih sayang itu dalam bentuk tindakan terhadap sesama yang membutuhkan sehingga ada inisiatif untuk bekerjasama dengan Rumah Sakit Lakipadada untuk mengadakan kegiatan donor darah. ” Sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang dihari Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari kita mengajak Rumah Sakit Lakipadada untuk melaksanakan kegiatan ini, harapan saya semoga banyak yang tergerak hatinya untuk bisa mendonorkan darahnya.” Tutup Marianus.

Untuk diketahui, mendonorkan darah mengnadung segudang manfaat yang bisa diperoleh dari tubuh. Pertama, menurunkan risiko kanker karena darah yang mengandung zat besi berlebihan bisa terbuang.

Zat besi yang berlebihan dianggap sebagai salah satu pemicu meningkatnya radikal bebas dalam tubuh dan menjadi faktor risiko kanker.

Kemudian, manfaat donor darah lainnya adalah menurunkan berat badan. Proses donor darah pada orang dewasa dapat membakar hingga 650 kalori per 450 ml darah.

Terakhir, donor darah bisa menjadi salah satu cara mendeteksi penyakit serius.

Penulis : Elyakim Jaka

Editor : Alber Agus