Dekatkan diri dengan konstituennya, Yan Anggong ikut serta kegiatan sosial

Stepanus Patanda
Kamis, 12 Maret 2020 | 10:08 Wita | 719 View


Weekendsulsel.com,Tator – Dalam realitas politik, ternyata banyak politisi yang duduk di kursi panas dewan perwakilan rakyat daerah tidak dikenal oleh para konstituennya hingga masa akhir jabatannya. Mereka hanya muncul pada masa kampanye, lantas “menghilang” setelah pemilihan anggota legislatif berlangsung, baik sudah terpilih ataupun tidak. Para calon anggota legislatif hanya melontarkan janji-janji kosong pada saat kampanye saja.

Lain halnya pada legislator Perindo yang berasal dari dapil 1 Makale dan Makale selatan yang berkomitmen penuh mengunjungi konstituennya secara rutin setiap bulan melalui kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan memberikan kesempatan merespons kepada konstituennya setelah terpilih dan duduk sebagai anggota DPRD kabupaten tana toraja.

Yan Anggong Kala’lembang saat berdiskusi dengan awak media ini di kediamannya mengatakan dengan demikian, dia akan mengetahui aspirasi konstituennya dari waktu ke waktu sesuai konteks perkembangan masa. “Harus ada cara mengomunikasikan hasil kinerja mereka langsung,” tandas Yan .

Yan Anggong kala’lembang

Yan pun mengungkapkan tujuan dirinya masuk dewan bukan mencari pekerjaan atau uang melainkan untuk memperjuangkan daerahnya ” saya masuk ke dewan hanya untuk melihatkan daerah kita ini yang sangat tertinggal karena kalau tidak ada yang melobi kita tidak akan dapat kue sehingga daerah kita sangat tertinggal”.


Masa Musrenbang dari tingkat Lembang ,Kecamatan hingga pola tanam semusim maupun kegiatan masyarakat lainnya digunakan Yan Anggong untuk bekerja dan mengunjungi konstituen sebagai bentuk tanggung jawab moral kepada masyarakat.

Sang pemilik suara terbanyak ini pada picaleg lalu, juga menyoroti kinerja anggota dewan pada periode sebelumnya yang selama ini tidak di ketahui ke mana arahnya” sayapun mempertanyakan anggota dewan periode lalu dana aspirasi dikemanakan sehingga ini dapat dikategorikan sebagai kekerasan politik, karena ini tanggungjawab dan kita berkewajiban untuk dapil kita dan melayani orang-orang yang telah memberikan kepercayaan melalui proses politik setiap lima tahun sekali” kesalnya.

Penulis : step